WEB LAMA
20 April 2023

PELESTARIAN ALAM

Alam dan lingkungan adalah salah satu unsur penting yang menunjang kehidupan manusia dan satwa lain. Pelestarian alam adalah tanggung jawab bersama dan melibatkan partisipasi aktif dari pemerintah, lembaga non-pemerintah, masyarakat, dan individu. Latar belakang dari Desa Turi yang memiliki kelestarian alam yang melimpah, maka bentuk kegiatan yang bisa dilakukan demi menjaga kelestarian tersebut adalah dengan cara memberikan penanaman bersama di lingkungan sekitar Desa Turi. Upaya pelestarian alam tersebut dilakukan oleh perangkat desa Turi dengan penanaman bibit bunga matahari dan juga penanaman bunga pucuk merah oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Surabaya.  Dengan menjaga kelestarian alam, kita dapat memastikan bahwa lingkungan alam yang indah dan sumber daya alam yang berlimpah akan tetap ada untuk generasi mendatang. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 20 Maret 2023 yang berlokasikan di sekitar lapangan Pujasera Dusun Keniten pada pukul 08.00 WIB. 

Hasil dari penanaman pohon dan bunga ini adalah pola pikir masyarakat akan keindahan di Pujasera yang juga perlu dipertimbangkan. Sebelum penanaman tanaman Pucuk Merah dan bibit bunga matahari dilaksanakan, pembersihan lahan atau mencabuti rumput liar dilakukan terlebih dahulu. Banyaknya tanah yang belum di tanami pohon atau bunga menjadikan tempat pujasera tidak ada yang merawatnya. Selain itu, pemandangan yang dihasilkan menjadi lebih indah karena berjajarnya tanaman pucuk merah dan bunga matahari.

SUKIRAN (STAF KAMITUWO DUSUN JOSO)    SUDARMO (STAF KASI PELAYANAN )    MUHAMMAD ABIDDARDAK (KASI PELAYANAN )    SAMSURI (STAF KAMITUWO JOSO)    MINHAD (KAMITUWO DUSUN JOSO)    SARJU (STAF KAMITUWO DUSUN NITEN )    SULIMIN (STAF KASI KESEJAHTERAAN )    SUKARDI (STAF KASI PELAYANAN )    TRI PRASETYO HADI (KASI PEMERINTAHAN )    AGUS RIYONO (KASI KESEJAHTERAAN)    MASDUKI (STAF KASI PELAYANAN )    TRIYONO (KAMITUWO DUSUN KENITEN )    SUPRIYANTO (KAMITUWO DUSUN GONDANG )    SUKARDI (KAMITUWO )    SUNARDI (KAUR PERENCANAAN )    MAGHFUR (SEKDES)    SUWARNO (STAF KAMITUWO DUSUN GONDANG )    DEWI ANIS MUTHOHAROH (KAUR TATA USAHA DAN UMUM )    WAHYU BUDIONO (KAUR KEUANGAN )    SUHARTO (STAF KAMITUWO DUSUN TURI )    PARDI (KAMITUWO DUSUN TURI )    NANANG SUPRAPTO (STAFF KASUN KENITEN )    SUHEPI (KEPALA DESA )