WEB LAMA
08 Juni 2023

SOSIALISASI PENTINGNYA PERGURUAN TINGGI

Pendidikan umumnya adalah sebuah usaha sadar serta terarah untuk menolong seseorang dalam mendukung derajat serta martabatnya dengan mengoptimalkan serta memajukan kemampuan diri dalam melakukan segala hal yang baik. (Mustoip, 2018). Melalui pendidikan, masyarakat dapat memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam menjalankan aktivitasnya, memecahkan permasalahan riil, serta membuat penemuan baru yang berguna. Untuk itu, dibutuhkan sistem pendidikan yang dirancang, diatur, dan dijalankan dengan terstruktur sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan lebih baiknya lagi dalam ranah perguruan tinggi. Upaya dalam memberikan perhatian terhadap pendidikan kepada masyarakat Desa Turi, maka dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pentingnya perguruan tinggi oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Surabaya. Terlaksananya kegiatan sosialisasi perguruan tinggi oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Surabaya yang berlangsung bersama siswa MAN 3 Magetan dan juga karang taruna Desa Turi. Sosialisasi perguruan tinggi adalah proses informasi dan orientasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi kepada calon mahasiswa atau masyarakat umum untuk memperkenalkan program studi, fasilitas, kegiatan, dan persyaratan penerimaan mahasiswa baru.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perguruan tinggi tersebut dan membantu calon mahasiswa dalam membuat keputusan yang tepat mengenai pilihan pendidikan mereka. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 Juni 2023 di Balai Desa Turi dan 8 Juni 2023 di MAN 3 Magetan. Pengabdian ini telah memberikan gambaran tentang realita akan rendahnya minat generasi muda di Desa Turi dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Pendekatan yang diberikan disajikan dalam bentuk ceramah dengan tujuan utama untuk merubah mindset generasi muda terhadap perguruan tinggi, telah menunjukkan hasil yang positif berdasarkan hasil kuesioner yang telah dibagikan. Hal ini penting dilakukan mengingat generasi muda merupakan generasi penerus yang akan menjadi garda terdepan dalam memajukan bangsa dan negara. Oleh karena itu, ke depannya perlu untuk dilakukan pendampingan dan pemberdayaan lebih lanjut oleh pihak-pihak terkait.

SUKIRAN (STAF KAMITUWO DUSUN JOSO)    SUDARMO (STAF KASI PELAYANAN )    MUHAMMAD ABIDDARDAK (KASI PELAYANAN )    SAMSURI (STAF KAMITUWO JOSO)    MINHAD (KAMITUWO DUSUN JOSO)    SARJU (STAF KAMITUWO DUSUN NITEN )    SULIMIN (STAF KASI KESEJAHTERAAN )    SUKARDI (STAF KASI PELAYANAN )    TRI PRASETYO HADI (KASI PEMERINTAHAN )    AGUS RIYONO (KASI KESEJAHTERAAN)    MASDUKI (STAF KASI PELAYANAN )    TRIYONO (KAMITUWO DUSUN KENITEN )    SUPRIYANTO (KAMITUWO DUSUN GONDANG )    SUKARDI (KAMITUWO )    SUNARDI (KAUR PERENCANAAN )    MAGHFUR (SEKDES)    SUWARNO (STAF KAMITUWO DUSUN GONDANG )    DEWI ANIS MUTHOHAROH (KAUR TATA USAHA DAN UMUM )    WAHYU BUDIONO (KAUR KEUANGAN )    SUHARTO (STAF KAMITUWO DUSUN TURI )    PARDI (KAMITUWO DUSUN TURI )    NANANG SUPRAPTO (STAFF KASUN KENITEN )    SUHEPI (KEPALA DESA )