WEB LAMA
23 Mei 2023

PENYULUHAN PUPUK ORGANIK SEBAGAI ALTERNATIF PUPUK KIMIA

Desa Turi merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan yang sebagian besar penduduknya bergantung pada sektor pertanian.  Dalam kegiatan pertanian, para petani tidak dapat lepas dari kebutuhan pupuk. Sebagian besar masyarakat petani tersebut masih banyak dalam penggunaan pupuk kimia dari berbagai distributor. Tanpa disadari dengan banyaknya penggunaan bahan pupuk kimia yang digunakan oleh petani dengan kurangnya pemahaman dalam penggunaannya menyebabkan lahan tanah pertanian mereka menjadi rusak. Sehingga perlunya penyuluhan informasi kepada para petani dalam menanggulangi hal tersebut. 

Menyikapi permasalahan diatas maka kelompok mahasiswa KKN Universitas Negeri Surabaya melakukan kerjasama dengan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Panekan untuk membuat salah satu kegiatan Penyuluhan. Kegiatan tersebut dilakukan bersama kelompok tani Desa Turi pada tanggal 23 - 24 Mei 2023 yang bertempat di rumah Kepala Dusun Joso dan di Sekretariat GHIPPA “TIRTO MARGO UTOMO” Desa Turi Kecamatan Panekan. Bentuk kegiatan didalamnya yaitu memberikan penyuluhan terkait pembuatan pupuk organik cair yaitu Pupuk Biosaka dan Pupuk Bubur California yang bahan pembuatannya berasal dari alam sekitar yang mudah dicari dan dibuat.

Pengertian pupuk organik itu sendiri adalah pupuk yang berperan dalam meningkatkan aktivitas biologi, kimia dan fisika tanah sehingga tanah menjadi subur dan baik untuk pertumbuhan tanaman. Diharapkan dengan adanya pembuatan pupuk organik cair tersebut bisa membantu memperbaiki kesuburan lahan petani Desa Turi dan menanggulangi kerusakan tanah yang diakibatkan dari pupuk kimia. Pembuatan pupuk tersebut dihadiri langsung oleh beberapa kelompok tani Desa Turi yang memiliki antusias tinggi dalam kegiatannya. Beberapa informasi dan pengetahuan disampaikan langsung oleh pihak Balai Penyuluhan Pertanian sehingga wawasan dan sasaran yang dilakukan dalam kegiatan tersebut bisa langsung diterima oleh masyarakat yang tepat.

 

SUKIRAN (STAF KAMITUWO DUSUN JOSO)    SUDARMO (STAF KASI PELAYANAN )    MUHAMMAD ABIDDARDAK (KASI PELAYANAN )    SAMSURI (STAF KAMITUWO JOSO)    MINHAD (KAMITUWO DUSUN JOSO)    SARJU (STAF KAMITUWO DUSUN NITEN )    SULIMIN (STAF KASI KESEJAHTERAAN )    SUKARDI (STAF KASI PELAYANAN )    TRI PRASETYO HADI (KASI PEMERINTAHAN )    AGUS RIYONO (KASI KESEJAHTERAAN)    MASDUKI (STAF KASI PELAYANAN )    TRIYONO (KAMITUWO DUSUN KENITEN )    SUPRIYANTO (KAMITUWO DUSUN GONDANG )    SUKARDI (KAMITUWO )    SUNARDI (KAUR PERENCANAAN )    MAGHFUR (SEKDES)    SUWARNO (STAF KAMITUWO DUSUN GONDANG )    DEWI ANIS MUTHOHAROH (KAUR TATA USAHA DAN UMUM )    WAHYU BUDIONO (KAUR KEUANGAN )    SUHARTO (STAF KAMITUWO DUSUN TURI )    PARDI (KAMITUWO DUSUN TURI )    NANANG SUPRAPTO (STAFF KASUN KENITEN )    SUHEPI (KEPALA DESA )